Monday, June 7, 2010

Plugin Dasar Yang Penting Untuk Wordpress

Wordpress merupakan konsep blog yang saat ini sangat banyak digunakan oleh kebanyakan blogger dan internet marketer dalam memposting artikel-artikel, Wordpress tidak bisa pandang sebelah mata oleh competitor karena Wordpress memiliki tingkat keamanan yang tinggi dengan berbagai macam plugin yang memiliki fungsi yang bermacam-macam mulai dari yang sederhana sampai dengan yang rumit sekalipun.

Namun, untuk membuat sebuah blog wordpress, terlebih dahulu kita harus memilah wordpress mana yang saya maksud dalam artikel ini. Ok sejauh ini ada 2 macam wordpress :

1. Wordpress.com
2. Wordpress.org

Wordpress.com
Kita di haruskan untuk mendaftar di situs mereka www.wordpress.com, dan kita tidak bisa seenak kita untuk memasukkan plugin dan adsense, atau script yang complek lainnya. Dan yang pasti domain anda akan seperti ini jaapns.wordpress.com, nah di alamat blog tersebut anda tidak bisa memiliki brand image diri anda karena wordpress mengharuskan untuk mencantumkan kata “wordpress”. Anda bisa menggunakan domain www.jaapns.com dengan cara melakukan forward dari domain manager anda. ( Forwarding saja ).

Wordpress.org
Kita tidak di haruskan untuk mendaftar di situs wordpress.com, walaupun pemiliknya sama, di wordpress.org ini anda di haruskan untuk mendownload file master dari wordpress kemudian anda upload ke server hosting anda. (Mengenai bagaimana cara uploadnya lain waktu saya bahas)

Nah dengan wordpress.org ini, sistem domain insidenya berbeda, kalo wordpress.com anda bisa memiliki domain sendiri dengan syarat harus forwarding dan tetap memakai hosting milik wordpress. Nah kalo wordpress.org ini bisa kita tentukan sendiri, nama domain kita yang tentukan, hosting dimanapun kita yang tentukan, so bisa diistilahkan kalo wordpress.org ini kita nyewa domain dan hosting, lebih bermodal gt loh…. :)

Udah ba bi bu ..ok berikut saya jelaskan bila anda berniat untuk membuat blog dengan wordpress.org, berikut saya berikan tips dasar plugin wordpress yang mestinya ada untuk memaksimalkan blog wordpress anda. Bila anda menerapkan plugin-plugin ini, maka ada titik keseimbangan antara, performance, SEO yang tepat, dan praktis.

Berikut plugin dasar yang penting untuk Wordpress :

1. Askimet
Askimet ini adalah plugin bawaan dari wordpress.com, anda bisa daftar dulu ke situs wordpress.com, dan dapatkan kode askimetnya…… ( caranya di waktu lain saya bahas, sementara anda bisa googling dahulu). Untuk mencegah Spam yang beraksi di menu comment di bawah postingan anda.

2. All in one SEO Pack
Plugin ini sangat mantap bila digunakan dengan benar, karena semua sisi SEO di pakai dalam plugin ini. Dengan plugin ini maka blog anda akan dengan cepat di kenali oleh search engine google dan lainnya. Namun anda jangan mencampur semua SEO dalam satu blog, contoh anda sudah pakai All in one seo pack, trus anda masukkan semua plugin yang ada hubungannya dengan SEO misal : SEO slug, SEO friendly image, dan SEO SEO yang lain yang menurut anda akan berguna untuk SEO. Langkah seperti ini tidaklah benar justru akan saling menghambat plugin SEO yang satu dengan yang lainnya. Otomatis, penerapan SEO tidak akan optimal atau justru semua plugin jadi tidak berguna. Berdasar pengalaman saya, apabila anda memakai All in one seo pack, plugin yang bisa di setarakan dan bisa membatu adalah SEO FRIENDLY IMAGE.

2. SEO Friendly Image
Plugin ini akan membantu anda mengkonsentrasikan kata kunc dalam sebuah gambar di postingan anda, anda bisa mengatur alt gambar anda sesuai selera keywords yang anda terapkan. Bisa dipakai bersamaan dengan all in one seo pack.

3. WP-Security Scan
Plugin ini berfungsi untuk menjaga script di dalam hosting anda menjadi aman dengan cara memperhatikan permission code dan SQL Injection, artinya plugin ini memberikan saran tindakan apa yang harus dilakukan bila ternyata ada script file anda yang belum aman secara maksimal.

4. WP-DB-Backup
Plugin ini yang paling saya suka di wordpress :) , dengan plugin ini anda tidak perlu pusing bisa tiba-tiba server hosting anda down, terkena virus atau ga tau kenapa hosting anda filenya hilang semua, atau blog anda error. Karena dengan plugin ini anda bisa menjadwal kapan backup otomatis akan dilaksanakan, contoh saya set 1 minggu 1x, nah setiap minggu blog anda akan mengirimkan backup database ke e-mail anda. Praktis bukan…… :)

5.WP COPY PROTECT Plugin ini sangat bermanfaat bisa anda adalah seorang Anti Copas ( anti copy paste ), seringkali ada blogger tertentu yang suka copy paster artikel orang lain tanpa menyebutkan sumber artikelnya, kita yang capek-capek nulis eh di copy paste tanpa memberikan credit buat kita berupa link. Jengkel kan ? nah pake plugin ini kemudian enable trus tuliskan pesan terserah anda, contoh : jangan copy dong, capek nih nulisnya . Setelah itu bila ada yang hendak klik kanan dengan tujuan mencopy, maka pesan tadi akan di tampilkan, tapi jangan lupa, ini hanya plugin yang bener2 dasar, pengunjung blog anda masih bisa copy artikel dari feed, segera buka dashboard anda, klik setting di bagian Reading, anda set dari full text, ke summary saja. Dengan begitu akan aman dari copas.

6. WP-Super Cache

No comments:

Post a Comment