Friday, May 21, 2010

Search Engine Friendly Pada Joomla menggunakan OpenSEF Component

Tutorial ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara menginstall dan menggunakan komponen OpenSEF dari J-Prosolution (note: saat ini komponen tersebut sudah tidak tersedia di website tersebut, komponen ini kini berganti nama menjadi NuSEF dan tersedia di JoomlaCode ).

SEF adalah singkatan dari Search Engine Friendly. Komponen OpenSEF membuat URL menjadi mudah dibaca (oleh manusia). URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, alamat dari suatu halaman web.

Sebagai contoh, misal saat ini situs Joomla anda mempunya URL seperti ini:

http://www.sadulur.web.id/index.php?option=com_content&task=view&id=1&Itemid=5


Dan kita ingin merubah URL diatas seperti ini:

http://www.sadulur.web.id/tentang_kami.html

OpenSEF bisa membantu kita membuat URL yang bersahabat tersebut. OpenSEF dapat ditemukan di www.open-sef.org

Setelah Anda mendownload komponen OpenSEF, Anda dapat menginstallnya pada Joomla Anda seperti installasi komponen-komponen Joomla lain pada umumnya.

Untuk menggunakan OpenSEF, setelah Anda menginstallnya, pada halaman Admin (Administration Page), silakan Anda masuk ke halaman Global Setting (tab Site | Global Configuration). Pada halaman ini lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klik pada tab SEO (Searh Engine Optimization)
  2. Klik "Yes" untuk pilihan Search Engine Friendly URLs
  3. Sebuah popup akan muncul mengingatkan kita untuk merubah file nama htaccess.txt menjadi .htaccess. Kita akan lakukan hal ini dilangkah berikutnya. Klik OK.
  4. Klik Apply.


Langkah selanjutnya adalah Anda harus merubah nama file htaccess.txt menjadi .htaccess. Bagi anda yang mencoba hal ini di komputer lokal dan menggunakan sistem operasi Linux atau MacOS, tentu tidak akan kesulitan untuk merubah nama file tersebut. Namun bagi Anda pengguna Windows, Windows Explorer tidak mengizinkan anda merubah nama file dengan titik sebagai karakter awal, tapi Anda masih bisa melakukannya melalui command prompt.

Berikut ini caranya:
Misal folder Joomla Anda ada di D:\Server\htdocs\joomla\

  1. Klik Start | Run, akan tampil jendela Run
  2. Ketikan perintah "cmd" (tanpa tanda kutip) pada kotak teks Open.
  3. Klik OK atau tekan enter, maka jendela command prompt akan tampil.
  4. Pada command prompt ketikan "D:" lalu tekan enter, akan tampil prompt "D:\>"
  5. Lalu ketikan "CD alamat_folder" (tanpa tanda kutip), dalam contoh ini adalah sebagai berikut: "CD D:\Server\htdocs\joomla\" lalu tekan enter, maka pada layar command prompt Anda akan tampil tulisan seperti berikut ini: "D:\Server\htdocs\joomla\>"
  6. Setelah Anda berada pada folder Joomla Anda inilah anda bisa melakukan perintah rubah nama dengan mengetikan perintah berikut: REN htaccess.txt .htaccess
  7. Sampai di sini htaccess.txt telah berubah menjadi .htaccess.


Untuk perubahan nama di live server (website yang sudah online), Anda bisa melakukan perubahan nama secara biasa melalui FTP GUI Program seperti Cute FTP atau WS_FTP, melalui SSH Console, atau melalui File Manager lainnya.

Setelah file htaccess.txt terubah menjadi .htaccess, server akan membaca dan memproses file ini. URL kita yang semula panjang:

http://www.sadulur.web.id/index.php?option=com_content&task=view&id=1&Itemid=5

menjadi lebih pendek:
http://www.sadulur.web.id/content/view/1/5


Tetapi, URL baru tersebut masih belum terlihat begitu baik. Kita masih sulit untuk mengartikannya, terlebih menghafalnya. Tetapi dengan OpenSEF, masalah ini bisa kita atasi dengan mudah.

Berikut ini cara penggunakaan OpenSEF:

  1. Kembali ke halaman Admin Joomla, silakan pilih Component | OpenSEF | Configuration, maka halaman pengaturan OpenSEF akan tampil.
  2. Pada tab Basic, ubah seting "OpenSEF Enabled?" dari "No" menjadi "Yes", lalu klik Save pada toolbar button.
  3. Kembali ke situs, kita lihat bahwa setelah mengklik pada halaman yang sama dengan yang sebelumnya, URL sekarang telah berubah susunan alamat yang memasukkan name Section, Category, dan judul dari item isi halaman tersebut.

http://www.sadulur.web.id/layanan/fasilitas/joomla-consulting.html


Sayangnya, URL tersebut tidak bekerja. URL tersebut tidak membawa kita ke halaman Joomla yang benar. Loncatan yang salah ini ini terjadi karena ada seting yang salah pada file .htaccess. Sekarang mari kita perbaiki kesalahan ini:

  1. Buka file .htaccess kita. Anda dapat membukanya dengan text editor biasa seperti pico atau notepad.
  2. Setelah file .htaccess terbuka, cari bagian "Standard SEF Section" dan "3rd Party or Core SEF Section". Anda dapat lihat, ternyata pada bagian kedua (3rd Party or Core SEF Section), scriptnya diberi tanda komentar (commenting in). Pada tiap depan barisnya diberi tanda "#". Inilah penyebab mengapa webserver kita mengabaikan baris-baris tersebut.
  3. Kita harus memberi tanda komentar pada bagian yang pertama (Standard SEF Section) dan menghilangkan tanda komentar (commenting out) pada bagian yang kedua (3rd Party or Core SEF Section).
  4. Simpan file .htaccess yang sudah kita rubah tersebut.


Setelah melalukan perubahan terhadap isi file .htaccess dan menyimpannya, atau juga meng-upload-nya jika website Anda berada di live server, kita dapat kembali ke situs kita, dan lihatlah URL SEF kita sekarang telah bekerja dengan baik.

Pada file .htaccess ada satu baris seperti berikut:

Options FollowSymLinks

yang dapat menyebabkan masalah bagi beberap server. Jika URL SEF anda tidak bekerja pada beberapa halaman, silakan di-commenting-in baris ini.

Situs kita sekarang sudah memiliki Search Engine Friendly, alamat web yang dapat dibaca dengan mudah. Alamat-alamat halaman web tersebut (URL) otomatis terbuat dari judul isi dan settingan laiinya.

Pada tutorial berikutnya kita akan bahas mengenai beberapa pilihan pada konfigurasi OpenSEF.

No comments:

Post a Comment